Bisnis Tanpa Modal Besar

Bisnis Tanpa Modal Besar. Ini seharusnya yang ditanamkan didalam diri anak muda sekarang, difungsikan agar tidak langsung terbentur untuk bisa berkarya.

Berbisnis merupakan suatu peluang untuk bisa mendapatkan keuntungan yang tidak terbatas. Meskipun perlu perjuangan besar untuk membangun suatu usaha agar bisa berhasil, tapi mencapai keberhasilan adalah suatu kenikmatan yang luar biasa.

Kebanyakan entrepreneur yang sukses adalah mereka yang berhasil memilih bidang bisnis karena mereka memiliki ketertarikan dalam bisnis tersebut. Mereka menikmati bidang pekerjaan tersebut. Dengan adanya sikap rasa menikmati, banyak keuntungan yang akan Anda dapat.

Menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur memiliki banyak keuntungan yang bisa Anda dapat. Menjadi pengusaha atau entrepreneur akan membuat Anda semakin kreatif.

Dengan menjadi pengusaha atau entrepreneur, Anda tentu akan menghadapi kondisi persaingan pasar. Poin ini juga merupakan modal yang tidak kalah penting untuk menunjang keberhasilan Anda dalam suatu usaha agar bisa bersaing dengan pelaku bisnis lain. Bisnis atau usaha berarti menuntut Anda untuk lebih kreatif dan inovatif. Memikirkan untuk mengatur strategi pasar yang penuh dengan persaingan, akan mendorong Anda untuk mencari ide-ide cemerlang yang secara tidak langsung membuat Anda menjadi semakin kreatif dan inovatif.

Seorang entrepreneur dengan caranya sendiri menemukan jalan untuk mengkombinasikan antara kepedulian mereka terhadap isu-isu sosial, dan keinginan mereka untuk menikmati hidup yang lebih baik. Berprofesi menjadi entrepreneur akhirnya berhasil dalam mencapai mimpi yang dicita-citakan. Disertai dengan rasa ketertarikan dalam memilih bidang bisnis, maka pastinya juga akan lebih maksimal dalam menjalankannya yang akhirnya akan berdampak pada keberhasilan bisnis.

Dalam memasarkan produk dari bisnis Anda, Anda akan memerlukan strategi promosi yang tepat pada sasaran. Promosi adalah salah satu hal yang paling penting dalam usaha. Dengan strategi promosi bisnis yang tepat, Anda akan meraih kesuksesan dalam bisnis.


Tips Promosi Bisnis Keren

1. Gunakan Media Sosial
Promosi adalah salah satu hal yang paling penting dalam usaha. Promosi menggunakan media sosial milik Anda, adalah salah satu ajang paling murah untuk urusan promosi. Anda bisa mencoba untuk promosi di media sosial yang Anda miliki. Gunakan sosial media seperti BBM, Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan lainnya, untuk mempromosikan produk Anda pada orang-orang. Dengan menggunakan media sosial, maka pendekatan yang akan Anda lakukan menjadi lebih personal dan juga menjadi ‘lebih dekat’ dengan target market. Selain mereka sudah akrab dengan kehidupan Anda sehari-hari, Anda pun bisa dengan mudah memberi update kepada calon pelanggan.

2. Adakan Lomba

Bukan rahasia, bahwa perlombaan banyak diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, menjadi salah satu penyelenggara kontes atau menjadi sponsor dalam salah satu kontes yang sedang direncanakan adalah ide strategi promosi yang baik. Dengan menampilkan logo pada kontes atau perlombaan tersebut, maka brand yang akan Anda promosikan akan dikenal oleh peserta lomba.

3. Bagi-bagi Produk

Untuk bisa mencapai keberhasilan dalam menjalankan suatu usaha, Anda perlu perjuangan besar untuk membangun suatu usaha agar bisa berhasil. Seperti yang dilakukan kawan-kawan saya, dengan memberikan produk langsung kepada target market. Apakah itu dengan cara endorse kepada public figure atau mereka dari kalangan atas. Yang bisa Anda jumpai disaat adanya acara-acara bisnis. Pembagian produk ini bisa diberikan secara cuma-cuma dalam bentuk sample atau tester, agar calon pelanggan kenal dulu dengan produk Anda. Atau malah siap menjadi investor bisnis Anda.

4. Mendata Pelanggan atau Target Market

Proses awal memperkenalkan produk Anda, pastikan untuk mendapatkan data pelanggan yang nantinya akan sesuai dengan kebutuhan, tentunya nanti sangat berguna terhadap strategi promosi bisnis Anda selanjutnya.

5. Lakukan Kegiatan Amal atau CSR (Corporate Social Responsibility)

Untuk sekelas perusahaan menengah keatas, CSR juga sebagai niat baik yang dikeluarkan dengan cara berbagi. Dampaknya sangat besar disaat melakukan yang namanya berbagi.

Berikut sedikit Cerita mengenai Peluang Bisnis di Medan. Hasil pemberitaan di MedanBisnis – Harus memiliki modal besar saat memulai bisnis, ternyata bisa dibantah. Seiring dengan berkembangnya teknologi, merintis sebuah usaha, bisa dengan tanpa modal dengan menghasilkan omzet hingga mencapai jutaan rupiah per bulan.

BK18FEiCYAAO8Y8

Bisnis Tanpa Modal? Kuncinya dengan menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini pula yang dilakoni Wahyu Blahe, founder Cerita Medan yang memilih akrab dengan social media.

“Industri kreatif yang tumbuh di kota Medan, semakin berkembang dan menjanjikan.”

Wahyu mengaku sebelum terjun ke bisnis sosial media dan menjadikannya sebagai profesi, dia merupakan pegawai swasta berpenghasilan per bulan mencapai Rp 2,7 juta.

Namun Wahyu yang sempat menjadi jurnalis ini, mengaku terispirasi membuat sebuah akun twitter pada Agustus 2011 silam. Ternyata hal tersebut membawanya menjadi seorang entrepreneur dan menjadi pembicara di beberapa seminar dan memilih resign dari pekerjaan lamanya.

Awalnya, akun twitter itu dimanfaatkannya untuk mempublikasikan informasi yang tidak sempat tayang dan terbit di media cetak atau online. Disamping juga berita-berita ter up-date seputar kota Medan. Seiring dengan itu, belakangan dia memiliki banyak pengikut (follower).

Baginya, aktif di sosial media bisa memberikan penghasilan yang lebih menjanjikan. Juli 2012 tahun lalu, ketika mendapatkan orderan dari Tupperware untuk mempromosikan kegiatan donor darah yang diselenggarakan dibeberapa wilayah di Indonesia, karirnya berganti.

“Saat itu saya tidak tahu, jika ini bisa menjadi aktifitas yang menghasilkan. Karena nggak tau dan terkejut, saat itu mereka minta Rp 50 ribu sekali tweet. Dan mereka meminta untuk 20 kali tweet. Pertama kali, dapat omzet Rp 1 juta,” kenangnya seraya menambahkan saat itu dia masih bekerja sebagai karyawan dan memiliki follower sebanyak 20 ribu.

Baginya, pekerjaan seperti ini tidak begitu susah. Karena materinya sudah tersedia. Sejalan dengan ini, perlahan permintaan layanan jasa yang ditawarkanya terus meningkat.

Tidak hanya dari kota Medan, namun juga dari Bandung dan Jakarta juga ada. “Bisnis itu tidak mahal, dengan modal online bisa,” katanya seraya menambahkan dia melirik pangsa pasar pelajar dan mahasiswa.

Tidak hanya sebatas itu saja, dari bisnis ini, Wahyu kini memiliki tiga orang tenaga kerja yang membantunya untuk mengoperasikan industri kreatif tersebut. Wahyu boleh dibilang sukses di bisnis online ini.

Bahkan sejak Januari 2013 lalu, sudah ada komunitas dari mereka yang aktif dibisnis sosial media ini. “Mereka ini sebenarnya sudah berpenghasilan, dan kawan-kawan ada yang belum. Kita bisa ajari. Dengan ini juga bisa mengajak orang lain untuk berbisnis,” ujarnya.

Yang kita jual itu jasa iklan, selain itu, dengan bisnis ini juga membuka lapangan pekerjaan. “Yang tergabung dalam komunitas ini ada yang pelajar, punya usaha loundry, pengusaha baju, pengangguran. Mereka berpenghasilan,” ujarnya.

Dengan bisnis tersebut tambahnya, dia bisa berpenghasilan dalam kisaran Rp 3 juta hingga Rp 8 juta per bulan dan itu diperolehnya dari bisnis online.

Wahyu menekankan dengan kehadiran bisnis tersebut, dia menargetkan Medan ini tidak ketinggalan dari daerah lain di Indonesia, yang sudah memanfaatkan social media sebagai ajang meraup penghasilan.

Dalam memilih klien, Wahyu mengaku selektif. Karena bisnis yang digelutinya berbasis kepercayaan. Dia juga menambahkan dalam menjalankan bisnis ini, dia menyerap tenaga kerja menjadi admin akun twiter satu perusahaan.

“Inspirasi membuat akun twiter karena sempat menjadi seorang jurnalis.”

Wahyu mengatakan, sejak ada tawaran pertama baginya, kini dia mulai menerapkan tarif. Namun demikian dalam mempromosikan produk UKM dia memberikan tarif murah.

“Kita juga Bantu usaha pelaku UKM yang minim budget,” katanya. Kedepan bisnis ini, sambungnya, akan tetap memiliki prospek yang sangat menjanjikan. “Bisnis online, akan terus eksis,” sebutnya.

Wahyu pun mengharapkan anak muda sekarang semakin melek tehnologi. Sehingga bisa mengembangkan usaha, atau setidaknya memiliki penghasilan produk orang lain. Tidak hanya itu, kedepan dia juga menargetkan membuat sekolah sosial media.

“Karena banyak yang kepengen belajar, termasuk orang tua,” katanya seraya menambahkan saat ini mereka sudah memiliki tim.

61 thoughts on “Bisnis Tanpa Modal Besar

  1. wah emg benar tuh bg wahyu, sekarang bangun tidur aja langsung nyari bb trus twitteran sampai tangan pegal, hahaha . ini zamannya hidup dengan dua jempol (ngetwit dapat duit). salam sukses dan berkah bang 😀

  2. Salut sama orang yang bisa berkarya tanpa banyak alasan seperti “nggak ada modal”.

    Industri kreatif di Indonesia memang sedang berkembang, semoga @ceritamedan dkk semakin sukses ya!

    Dan tetaplah memberi inspirasi bagi orang banyak. Keep the good work!

  3. pengalaman abang sangat luar biasa, dan ini memang sedang saya jalanai.
    saat ini saya konsen dalam dunia film, khususnya film indie di medan, yang kami tunjukan dalam produksi film adalah kreatifitasan tidak dapat di kalahkan oleh alat, jika nanti emang ada kesempatan, kami akan membuatpengalaman abg dalam bentuk film.

  4. Wahyu Blahe ini guru awak, abang awak, mentor awak.. mgkn kalo gak dia awak sesat.. LOH.. hehe

    Taon 2012 awak cuma jualan jersey grade ori via BBM doank, tanpa ada promosi sana-sini ya omzetnya cuma bisa traktir pacar makan bakso di pinggir jalan -__-

    Nah, kemudian belajarlah maen twitter pakai akun personal @PrayHyugo (polo ya gaes) nyepam sana sini nawari barang, susah banget sih bwt org percaya -,- lagian bingung cara ngetweet itu gimana pakai RT RW segala haha..

    Pas lagi stalking temlen mantan (sssttt…ecek-ecek aja ne biar dikira gaul) eh terlintaslah @ceritamedan (polowernya msh 30an ribu pcs pada waktu itu Septemper 2012). . Ternyata materi tweetnya bagus, yaudadeh gua invite.. eh ternyata dipolbek sama akun besar di Kota Medan *sambil kegirangan joget cesar*

    Kemudian ane stalking terus akun @ceritamedan dan ane perhatiin ada yg pasang iklan.. iseng-iseng ane SMS di twitter isinya begini:

    @PrayHyugo: 404 not found
    @ceritamedan: 404 not found

    Tarif iklannya:
    cuma bayar per tweet 10ribu, minimal transaksi 100ribu, untuk sebulan 250rb sebanyak 30 tweet,minat, biar langsung dimainkan | 287007B4

    Wah gilak ini orang pikir gua..
    Cuma sekali ngetweet dibayar 10rb (itu uda bisa traktir cewek gua bakso goceng keleuss)

    Yasudah ane invite aja, kali aja dia mau beli jersey online ke gua kan lumayan (…bejanda wak hehe)

    Kemudian ane BBM admin @ceritamedan (sebut saja Blahe), kemudian nego soal iklan..
    Apray: gimana kalo ane bayar iklannya 1 bulan pakai jersey 1pc wak? 15 tweet aja per bulan tapi 2 hari sekali.
    Blahe: oke deal.. *ntah apa yg ada dibenaknya

    Blahe kasi tau saya utk bwt brand klo mw jualan dan pakai akun brand tersebut. Masukan yg sangat bagus bwt saya dan tanpa pikir panjang langsung saya buat akun @Apray_Sport.

    *sedikit cerita sedih
    Akun @Apray_Sport sudah almarhum setelah hampir 1,5 tahun berjalan dan mencapai 13k followers.
    Fanpage Apray Sport juga almarhum setelah mencapaki 3200 like.
    Website http://www.apraysport.com juga almarhum padahal viewernya sedang naik.
    Kisah ini terjadi Bulan Maret 2014, saat itu semuanya seperti dimulai dari nol lagi -_- kemudian down…
    Dan lagi-lagi Kakanda Blahe yg berikan support lagi.. segera bikin akun baru lagi (22jerseybola).

    === Itu semua cobaan gaes, ntah apa sebab yang jelas cobaan itu datangnya dari Allah ===

    Padahal blm dibayar tapi iklan @Apray_Sport langsung jalan haha.. baek x ente wak!!

    Setiap tweet iklan dari @ceritamedan minimal ada 10 yg invite pin BBM dari Kota Medan maupun luar kota Medan.
    Nah dari situ omzet gua naik 4x lipat men /m\ hehe
    Customer mulai dari Aceh dan sampai ke Poso 😀

    Gilak ini @ceritamedan sampai dipolow orang Poso haha..

    Bulan September 2012 ane mulai onlineshop, Bulan Februari 2013 ane mulai berpikir utk buka outlet setelah dapat pencerahan dan motivasi dari seorang Blahe. Dan Alhamdulillah pada Maret 2013 ane bisa kios/toko jersey kecil-kecilan di Jl. HALAT NO. 148 MEDAN pas disebelah kuburan Halat gaess.. CP: 292835D9 (mampir yooo).

    Gak cuma twitter, ane juga diajarin Wahyu Blahe maen di fanpage, instagram, youtube, ngeblog dan kemudian website… (yang sekarang lagi diautisin belajar SEO dengan beliau hehe)

    Banyak lagi ilmu yg didapat dari Blahe Si Pakar SEO di Medan.
    Jadi bwt yg pengen onlineshopnya lebih maju silahkan ke Blahe aja (*pakai tarif donk).

    Ini onlineshop ane “Toko Online Jersey Bola Grade Ori Thailand” RECOMMENDED :
    Twitter: @22JerseyBola
    Fanpage: 22jerseybola
    Website: 22jerseybola.com
    Instagram: Apray_Sport

    Thanks kesempatan bwt curhatnya wak..
    Semoga ente makin sukses !! Aminn

    Regard,

    Apray

    *cerita ini bukan fiktif belaka, jika ada kesamaan nama pelaku dan cerita mungkin itu hal yg disengaja.

    1. HAhahahahaha…
      Setiap usaha kita, harus punya harga. — walaupun akhirnya barter (kebanyakan di Medan barter yang ada, itu peluang, ya ditangkap. Jangan pulak awak sok-sok tak mau ya kan)
      Catat tuh, Setiap usaha kita, harus punya harga. Atau ntar nanti awak buat postingan tentang itu ye.
      Makasih ya wak, testimoninya kok keren, bisa lah diposting di blog pribadi ente, hahaha..

  5. semua orang mendambakan bisnis tanpa modal dan juga tanpa kerja keras tapi sedikit yang berhasil banyak yang menemukan jalan buntu, kenapa? mayoritas ingin kerja dikit penghasilan banyak, alhasil mengejar PNS Xd

  6. Pak wahyu bisa kah saya jadi partner kerja bpk,, saya siap jadi tenaga untuk membantu mempromosikan usaha bpk sekarang ini..
    Saya seorang mahasiswi dimedan.
    Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *