Digitalpreneur

Digitalpreneur Indonesia - Wahyu Blahe

Apa itu digitalpreneur?

 

Digitalpreneur adalah singkatan digital entrepreneur. Anda sebagai pelaku bisnis di era modern saat ini yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi disebut dengan digitalpreneur.

 

Strategi Seorang Digitalpreneur

 

Memiliki sebuah bisnis kecil tak perlu khawatir bersaing dengan pelaku bisnis besar. Ketika anda telah memahami apa itu digitalpreneur, maka anda akan dengan mudah mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Paling penting adalah, anda harus bisa membaca peluang dan juga mengikuti perkembangan zaman saat ini.

Di era modern saat ini handphone menjadikan semua informasi yang ada dapat diakses melalui alat ini tanpa terkecuali. Begitu pula dengan internet semua orang bisa mengaksesnya. Maka dari itu anda harus memperhatikan ke dua aspek tersebut agar dapat menjadi digitalpreneur yang berhasil dan sesuai dengan tujuan awal anda. Berikut adalah strategi dalam menjalani diri sebagai Digitalpreneur agar menjadi sukses.

 

1. Menguasai Dunia Smartphone

Smartphone dengan berbagai mereknya didalamnya terdapat segala macam informasi yang dibutuhkan pemiliknya, yang didasari oleh kecanggihan teknologi saat ini. Begitu pula dengan anda selaku pelaku bisnis juga harus memahami dan dapat menggunakan smartphone yang sedang populer saat ini. Seorang digitalpreneur menggunakan medianya pada smartphone sebagai media untuk iklan dan promosi. Anda disarankan mempunyai berbagai smartphone terbaru agar anda tidak ketinggalan zaman daripada konsumen anda.

 

2. Menguasai Dunia Internet

Internet merupakan media kedua selain handphone, tanpa internet anda tidak dapat mengakses kemajuan teknologi komunikasi dan informasi. Karena internetlah pelaku digitalpreneur dapat melebarkan sayapnya sampai ke luar negeri hanya dengan berdiam diri di depan smartphonenya. Semua akses berawal dari internet, mulai dari periklanan sampai pada transaksi keuangannya.

 

3. Mempunyai Jaringan Bisnis Luas

Mitra bisnis dalam hal ini sangat penting untuk menaikkan pamor maupun keuntungan pada perusahaan anda. Disamping ketatnya dunia bisnis yang mengharuskan anda mampu berpikir terus dalam strategi yang dijalankan anda juga harus menjalin kerjasama dengan mitra maupun perusahaan lain yang saling menguntungkan dalam hal ini.

 

4. Mempersiapkan Strategi Dengan Matang

Konsepan maupun strategi yang anda jalani sangat menentukan keberhasilan anda dalam membuka usaha yang anda jalani. Jangan sampai strategi anda berantakan ditengah jalan. Permasalahan yang timbul di tengah jalan harus segera anda atasi tanpa berlarut-larut. Gunakan konsepan dengan sungguh-sungguh untuk bersaing dengan kerasnya para pelaku bisnis lainnya.

 

5. Memiliki Keunikan Dalam Produk Anda

Ditengah-tengah persaingan bisnis saat ini, anda harus bisa membuat produk baru yang belum pernah ada sebelumnya, hal ini dapat menjadi perhatian positif terhadap konsumen kepada produk anda. Keunikan datang dari wawasan dan pengalaman anda, karenanya gunakanlah pengalaman dari produk yang telah ada untuk mengambil sebuah tindakan.

 

6. Tingkatkan Wawasan Anda

Wawasan sangat membantu dalam menentukan sebuah ide baik itu ketika ada permasalahan maupun dalam bertindak. Bagi anda yang sudah belajar banyak maka anda juga tidak akan kebingungan ditengah-tengah usaha anda yang sedang berjalan. Wawasan juga akan menjawab persaingan bisnis di tengah masyarakat yang ada. Selaku digitalpreneur juga harus cerdas dalam semua aspek, itulah yang mendorong berhasil atau tidaknya usaha anda.

 

7. Belajar Dari Pengalaman

Pengalaman adalah modal dari keberhasilan anda, sebelum anda belajar dari pengalaman orang lain maka anda harus dapat belajar dari pengalaman sendiri. Gunakan pengalaman itu sebagai penyemangat dan motivasi anda. Anda juga berhak melihat pengalaman dari orang lain diluar sana yang notabenenya lebih sukses dari anda. Hal ini bisa dijadikan sebagai acuan bagi anda seoran digitalpreneur. Pengalaman yang didapatkan semakin banyak maka semakin kuat mental anda dalam menjalani kerasnya dunia bisnis.

Disamping tujuan awal anda yang menginginkan sebuah keberhasilan didunianya maka anda harus mengetahui tips menjadi digitalpreneur saat ini. Selain enterpreneur, digitalpreneur juga sangat pesat perkembangannya dan dijadikan pasar moder tersendiri bagi para pelaku bisnis usaha saat ini. Tidak dipungkiri saat ini sangat banyak pelaku bisnis digitalpreneur, karena perkembangan zaman serta teknologi lah yang mempengaruhi kecepatan bisnis ini.

 

Tips Menjadi Digitalpreneur

 

Berikut tips menjadi digitalpreneur yang harus anda cermati jika ingin sukses.

 

1. Membidik Segmen Dengan Tepat

Ketika anda ingin menggunakan teknologi modern, anda juga harus mempersiapkannya dengan matang, sulit bagi anda yang buta akan perkembangan teknologi ini yang begitu cepat. Salah satu bekal utamanya adalah anda harus memiliki segmen yang tepat dan sudah diperhitungkan dengan matang. Kita ketahui bersama, bahwa dunia teknologi informasi dan komunikasi itu tidak seperti yang anda bayangkan yaitu sekedar bermain teknologi saja. Anda harus bisa mengetahui berita maupun tren terpopuler saat ini, maka anda baru menentukan produk apa yang akan anda keluarkan

 

2. Melihat Peluang Pasar

Jangan tergesa-gesa ketika Anda hendak terjun dalam dunia digitalpreneur, anda anda mempersiapkan konsepan strategi dengan matang dengan cara melihat peluang yang ada. Seorang digitalpreneur harus melakukan perhitungan dengan cara melihat peluang pasar saat ini. Jangan memaksakan ide anda yang terlalu mewah maupun berlebihan namun tidak mengikut perkembangan zaman saat ini.

 

3. Menjadi Kreatif

Seorang digitalpreneur harus memiliki jiwa kreatif dalam menjalani usahanya. Karena persaingan yang begitu ketat di dunia bisnis mewajibkan anda harus mempunyai kekreatifan untuk membuat produk anda memiliki ciri khas maupun produk unggulan. Lengah sedikit anda akan mudah digulingkan oleh para pesaing anda yang sama-sama pada bidang bisnis yang sama dengan anda. Maka dari itu berikan sentuhan perbedaan pada produk anda agar konsumen mudah tertarik dengan produk yang anda tawarkan saat ini lewat media teknologi.

 

4. Fokus Dengan Bisnis Yang Dijalankan

Fokus adalah kunci utama keberhasilan anda ditengah persaingan bisnis yang sangat ketat. Setiap pelaku bisnis akan banyak mengalami jatuh bangun didalam menjalankan sebuah bisnis. Disinilah fungsi dari fokus untuk menjalankan niat awal anda dalam mempertahankan serta memperbaiki usaha yang anda bangun ini. Anda juga tidak mudah goyah ketika ada pelaku bisnis lain yang hasilnya lebih bagus dari anda, yang anda lakukan hanya perlu mengevaluasi saja tanpa harus meniru produk lain. Ketika anda meniru produk lain maka anda tidak fokus dan tidak konsisten dalam hal ini. Yang ditakutkan anda malah akan menjadi jauh lebih terpuruk.

 

5. Penuh Perhitungan

Perhitungan dan tidak gegabah dalam mengambil sebuah keputusan adalah buah hasil dari keberhasilan anda. Ketika sedang menghadapi sebuah permasalahan seorang digitalpreneur harus menganalisis terlebih dahulu sebelum anda benar-benar melakukan tindakan. Beberapa pertimbangan dari aspek lain juga turut mempengaruhikeputusan anda.

 

6. Memberikan Pelayanan Secara Transparan

Ketika bisnis yang anda miliki saat ini telah berjalan maka hal paling penting berikutnya yaitu ketransparanan dengan konsumen anda. Salah satu bukti transparan yaitu anda harus memiliki informasi yang jelas mengenai produk yang anda tawarkan maupun toko anda saat ini. Hal ini juga akan membuat konsumen jauh menjadi lebih percaya kepada produk anda.

 

7. Berikan Diskon Bagi Konsumen

Diskon adalah salah satu bentuk strategi pasar yang banyak digunakan para pelaku bisnis dalam memikat hati konsumen. Anda juga dapat menggunakan strategi ini. Berikan diskon di moment-moment spesial, seperti hari raya maupun daun baru agar nantinya lebih berkesan di mata konsumen.

 

Langkah Memulai Bisnis Dengan Digital Marketing Yang Efektif

 

Bisnis dengan menggunakan digital marketing kini sangat digemari oleh masyarakat masa kini. Selain mudah untuk diawasi namun juga memiliki peluang yang besar saat ini. Marketing atau biasa disebut pemasaran tentu sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha yakni untuk mempromosikan usahanya. Di era sekarang yang serba digital, tentu saja semua lapisan masyarakat sudah mengenal betul dengan internet. Maka strategi pemasaran yang dulunya konvensional seperti iklan di televisi ataupun Koran, reklame, brosur dan lain sebagainya sudah beralih dalam bentuk digital. Untuk memulai suatu bisnis, anda membutuhkan perencanaan yang terstruktur agar anda tidak mengulangi kesalahan yang banyak dijumpai para pebisnis. Berikut akan dibahas mengenai Langkah memulai bisnis dengan digital marketing yang efektif.

 

1. Mengukur Sumber Daya Manusia (SDM)

Sebelum memulai bisnis anda, anda harus memperkirakan potensi yang berkaitan dengan pemasaran, Sumber Daya Manusia (SDM) serta waktu yang anda miliki.

Pemasaran berkaitan dengan kontent yang mengandung produk bisnis anda. antara lain dapat berupa brosur, catalog, video, newsletter dan sarana pemasaran lainnya yang dapat ditaruh di internet.

Mengukur asset Sumber Daya Manusia. Yakni dengan mendata bakat serta keahlian yang dimiliki oleh karyawan. Kemudian menempatkan karyawan yang cocok untuk menangani proyek yang cocok dengan kemampuan.

 

2. Mengecek Penjualan Dan Pemasaran Bisnis

Langkah selanjutnya adalah dengan mengecek penjualan dan pemasaran bisnis anda terlebih dahulu sebelum memulai. Anda harus memahami dengan benar dari mana konsumen produk anda berasal. Apakah berasal dari platform offline atau online. Mengetahui jumlah kunjungan yang diperlukan disitus web anda serta mendeteksi jumlah prospek yang menjadi konsumen.

 

3. Menentukan Tujuan Yang Ingin Dicapai

Setiap usaha pasti ingin menuai kesuksesan. Jadi anda perlu merencanakan Tujuan utama serta lainya secara lebih terstruktur. Sehingga hal tersebut dapat menjadi acuan dalam menjalankan bisnis dan sebagai bahan evaluasi.

 

4. Memahami Konsumen

Dengan memahami konsumen anda, anda dapat membuat pemasaran anda lebih menarik dan mengikuti selera konsumen produk anda. hal ini dapat diketahui dengan alasan mereka memilih produk anda daripada produk lainnya dan juga seberapa puas mereka akan produk anda.

 

5. Fokus pada Konten yang Berkualitas Bagus

Dengan membuat konten yang berkualitas bagus dan memiliki manfaat lebih bagi konsumen anda tentu akan semakin menarik minat mereka. konten yang berkualitas akan membentuk asumsi dan kepercayaan masyarakat terhadap produk anda. jika masyarakat sudah memberi pandangan baik, maka citra perusahaan atau bisnis anda akan baik pula.

 

6. Memahami Strategi Pemasaran Secara Digital Marketing

Untuk menjadi pebisnis yang handal, anda membutuhkan pemahaman tentang pemasaran secara Digital Marketing. Anda dapat mempelajari dari berbagai sumber entah itu buku maupun internet. Perhatikan, pahami, rencanakan lalu terapkan.

 

7. Pilihlah Platform Jejarng Sosial

Ketika memutuskan menggunakan strategi Marketing Digital maka anda harus memahami bahwa prospek bisnis yang anda jalani adalah melalui online. Maka tentukanlah target demografik anda, seperti facebook, instagram, twitter dan lain-lain. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda dan berdasarkan rating konsumen yang biasa berinteraksi dengan mudah.

 

8. Mempergunakan SEO Untuk Keefektifan Pencarian Produk

Setelah semua langkah anda terapkan, langkah terakhir adalah menggunakan SEO (Search Engine Optimization). SEO sendiri berguna untuk menaikkan traffic website perusahaan anda. Saat ini jutaan masyarakat menggunakan website untuk keperluan dalam mencari layanan atau produk yang diinginkan. Karena banyaknya pesaing juga, anda harus berusaha lebih untuk mempromosikan produk anda. SEO akan meningkatkan kredibilitas serta brand awareness anda.

Demikian informasi mengenai Digitalpreneur. Kalau tulisan ini dirasa bermanfaat dan tidak membosankan, boleh bantu tekan tombol ikon sosmed share ya di bawah ini. Dan, kasih komentar yang mantab juga pada kolom di bawah. Keep writing yes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *