Tugu Nol Kilometer Sabang, Monumen Bersejarah Di Indonesia

Tugu Nol Kilometer Sabang ini merupakan monumen yang menjadi kebanggaan warga Aceh. Rasanya kurang lengkap jika kita tidak melakukan review Tugu Nol Kilometer di Aceh Pulau Sabang ini setelah berkunjung kesana. Kita bisa melihat betapa Monumen Titik Nol ini memberikan nilai historis yang tinggi terhadap Aceh. Monumen bersejarah ini dimulainya pengukuran nol kilometer. Namun kita perlu tau bagaimana dan dimana sebenarnya Tugu Nol Kilometer Sabang ini. Berikut akan dijelaskan mengenai review Tugu Nol Kilometer Sabang :

 

Lokasi Tugu Nol Kilometer Sabang

 

Tugu Nol terletak di Aceh tepatnya di Pulau Sabang. Pulau Sabang merupakan pulau yang terdiri dari pulau-pulau yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Letak Pulau Sabang berada di wilayah Indonesia di ujung paling barat. Pulau ini menjadi tanda batas wilayah Indonesia. Monumen Kilometer Titik Nol paling barat ini tidak hanya sebagai tanda batas wilayah Indonesia namun sebagai tugu pemersatu. Mengapa dikatakan sebagai tugu pemersatu karena sebagai tanda penyatuan setiap daerah di Indonesia.

Letaknya yang berada di Desa Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Terletak di Pulau Weh yang merupakan pulau yang ada di Kota Sabang. Untuk anda yang datang ke Tugu Nol Kilometer Sabang maka bisa datang dulu ke Banda Aceh. Dari sana anda bisa naik kapal feri dari Pelabuhan UleeLheue ke Pulau Weh. Anda bisa naik kapal express kurang lebih selama satu jam. Setelah berada di Pulau Weh maka menuju Tugu Nol Kilometer butuh waktu selama satu jam. Akses menuju kesana sudah semakin baik karena telah mengalami renovasi.

Keadaan alam sekitar titik nol masih sangat alami. Perbukitan hijau dan adanya pantai di sekitarnya menambah keindahan alam titik nol. Di pinggiran hutan menuju keindahan alam ada kera-kera yang berkeliaran. Pengunjung bisa memberikan makanan pada para kera yang tengah kelaparan tersebut. Rimbunnya pepohonan di perbukitan sekitar titik nol semakin memanjakan mata.

 

Peresmian Titik Nol Kilometer Indonesia

 

Monumen Titik Nol diresmikan sejak tanggal 9 September 1997 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia. Kala itu yang menjadi wakil presiden adalah Try Sutrisno. Setelah diresmikan kurang lebih 2 minggu Menteri Riset dan Teknologi kala itu B.J. Habibie membangun prasasti di sekitar tugu. Prasasti tersebut menjelaskan penerapan posisi geografis Nol Kilometer di Indonesia. Untuk pengukurannya dilakukan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi yang menggunakan sistem tertentu yang dinamakan Global Positioning System.

 

Filosofi Tugu Titik Nol

 

Telah beberapa kali mengalami renovasi membuat Titik Nol semakin terlihat menawan. Adanya tulisan Kilometer 0 Indonesia semakin membuat banyak yang mengunjungi tugu ini. Taman di sekitar tugu juga menambah kemegahan Tugu Titik Nol ini. Ketinggian tugu sekitar 22,5 m. Namun berdasarkan prasasti yang dibangun ketinggian bangunan mencapai 43,6 mdpl. Filosofi empat pilar merupakan simbol dari adanya batas negara yang terdiri dari empat bagian. Yakni dari Sabang sampai Merauke serta Miangas hingga Pulau Rote. Lingkaran besar yang ada di Tugu Titik Nol merupakan filosofi angka 0.

 

Kenangan Sejarah Tugu Titik Nol Kilometer Sabang

 

Di dalam tugu ada senjata rencong yang menggambarkan Aceh juga ikut serta dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Kemudian ornamen tugu yang ada delapan juga mengandung filosofi keagamaan. Yakni Agama Islam sebagai agama mayoritas masyarakat Aceh. Selain itu segi delapan juga menggambarkan bahwa Kebudayaan Aceh dan Nusantara luasnya bagai 8 penjuru mata angin.

Fasilitas yang ada di titik nol sama halnya dengan fasilitas pada tempat wisata pada umumnya. Ada taman, toilet, area parkir yang luas serta tempat sampah. Ada juga mushola bagi yang ingin sholat di sana. Anda juga bisa mendapatkan sertifikat nol kilometer setelah berkunjung kemari. Ada nama lengkap beserta tanda tangan pihak yang berwenang. Tanda tersebut sebagai tanda kita pernah berkunjung ke Titik Nol Aceh ini.

Anda bisa melakukan review Tugu Titik Nol Aceh setelah anda datang kesana. Dengan kesana anda akan tau bagaimana letak dan bentuk Tugu Monumen Titik Nol Aceh.

4 thoughts on “Tugu Nol Kilometer Sabang, Monumen Bersejarah Di Indonesia

  1. Kalau main kesana, ada babi hutan yang suka berkeliaran dan kayaknya udah akrab bannget sama penduduk sana. Hahahha.. Gak tau skrg masih ada gak ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *