Wisata Mewah Daerah Elit Pulau Bintan, Gratis!

Judul tulisan ini dibuat untuk menarik minat kawan-kawan agar segera berkunjung ke Pulau Bintan. Alasannya simple, ada beberapa destinasi yang membuat saya bangga telah berkunjung ke Negeri Segantang Lada ini. Yang mana, saking banyaknya pulau-pulau di Kepulauan Riau ini makanya disebut Negeri Segantang Lada. Karena zaman dulu, untuk menghitung jumlah dari pulau-pulau itu dibutuhkan segantang lada.

 

Wisata Pulau Bintan

 

Harus pergi ke Pulau Bintan? Ya, karena banyaknya destinasi wisata mewah yang sangat menarik dan juga unik-unik, sayang kalau tak dikunjungi. Di Pulau Bintan, ada beberapa tempat yang sangat keren dan tidak dimiliki oleh semua daerah. Misalnya anda bisa menikmati resort terbaik khas Lagoi, berwisata mangrove, berfoto selfie di Gurun Pasir Bintan, dan menikmati wisata air di kolam renang terbesar di Asia Tenggara. Nah, untuk lebih jelasnya, baca dalam hati ya ulasan ringan saya ini.

Pertama adalah, anda bisa menikmati kehidupan di resort terbaik. Salah satu resort terbaik yang ada di Pulau Bintan ini adalah Grand Lagoi. Di resort ini anda akan menikmati fasilitas yang lengkap dan juga pelayanan yang sangat ramah.

 

Grand Lagoi Rooftop Infinity Pool

Di tempat ini anda bisa mendapatkan Rooftop Infinity Pool yang sangat enak dan nyaman untuk bersantai. Lihat lagi tuh gambar di atas, semakin dekat dengan alam kan kesannya. Selain itu, di resort ini juga menyediakan Bar7 Rooftop Bar & Grill. Aneka kuliner yang sangat enak, serta private beach yang tidak kalah indahnya. Kalau datang ke resort ini, anda akan merasa sedang berada di surga dunia. Karena resort ini terletak di kawasan Lagoi Bay, menikmati pantai sepuas-puasnya.

 

Lagoi Bay Bintan

 

Lagoi merupakan salah satu kawasan wisata yang paling populer di Pulau Bintan. Kawasan ini terkenal dengan resort mewahnya yang memberikan fasilitas private beach. Tempat ini sudah di kembangkan dengan baik untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung. Kita bisa lihat, dari beberapa fasilitas yang ada di sekitar lokasi Lagoi. Kawasan yang satu ini sangat dikenal oleh para wisatawan dalam negeri hingga mancanegara karena kesan mewahnya sangat worth it dibanding biaya yang dikeluarkan.

Tak heran kalau banyak wisatawan yang selalu datang ke tempat ini. Biasanya yang datang itu para wisatawan mancanegara terutama wisatawan dari Negara Singapura. Dan yang luar biasa adalah, saya dalam rangkaian XL Media Gathering West Region, pada tanggal 15-17 November 2017 berkesempatan ikut kegiatan tersebut perwakilan dari Cerita Medan dan tentunya juga bisa menikmati wisata mewah daerah elit Pulau Bintan. Kapan lagi merasakan wisata mewah, ya kan. Dan XL Media Gathering kali ini, tidak hanya share ilmu tentang media update, namun juga bertujuan mengeksplore wisata yang ada di Pulau Bintan, Kepulauan Riau sekitarnya. Pokoknya seru! Karena tak jauh dari Grand Lagoi, saya bisa menikmati objek wisata Lagoi Bay.

Beberapa fasilitas selain penginapan, ada restoran, kamar mandi, mushola, angkringan, mini mart, toilet umum dan lahan parkir yang luas. Di sini anda akan disuguhkan pemandangan pantainya yang alami dengan suara ombak dan pasir putih yang indah. Beberapa kegiatan bisa anda lakukan di pantai ini, misalnya bermain air berenang, snorkeling, ataupun hanya berjemur di atas pasir putih. Disediakan juga tempat penyewaan alat memancing, menyelam dan snorkeling.

 

Love Lock

 

Love Lock Lagoi Bay Bintan

Love lock merupakan simbol dari cinta dan komitmen, sebuah kenangan seumur hidup. Tunjukkan betapa berartinya orang yang kamu cintai dengan mengunci cintamu dan membuang kuncinya di kolam sebagai simbol dari cinta yang tidak terpisahkan.

 

Selain itu, anda bisa berpetualang di hutan mangrove. Jika berpetualang di hutan mangrove ini, di sepanjang aliran Sungai Sebong anda akan menemukan beberapa spesies tanaman bakau yang indah.

 

Mangrove Bintan

 

Mangrove Bintan. Itu sebutan nama destinasi wisata di Sungai Sebong, Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Kata guide yang membawa kami menyusuri hutan mangrove, luas dari Mangrove Bintan itu ada ratusan hektar dan sudah ada ratusan tahun lamanya. Tidak hanya para kaum remaja, beberapa keluarga pun juga dapat kita jumpai di tempat ini. Keindahan alam serta keasrian dari hutan ini menjadi salah satu alasan tempat ini diincar begitu banyak wisatawan.

 

Mangrove Bintan

Hutan mangrove Bintan ini pun dibangun dan dihias seindah mungkin oleh pemerintah Indonesia. Sehingga menjadi tempat wisata yang menarik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Untuk merasakan ataupun berkunjung di tempat ini anda harus merogoh kocek sekian. Harga pastinya saya tidak tahu, karena semuanya dibayari pihak XL Axiata. Dengar-dengar, harganya di atas Rp.200.000/tour. Walaupun harganya lumayan mahal, namun anda akan diberi beberapa fasilitas seperti life jaket,serta fasilitas speedboat.

Meskipun dijadikan tempat wisata, lokasi ini juga dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai ladang pekerjaan khususnya buat para nelayan. Maka dari itu, jika anda berkunjung di tempat ini jangan heran jika melihat pemandangan wisatawan lain yang membeli ikan.

 

Dapur Arang Mangrove Bintan

 

Dalam menikmati keindahan wisata Mangrove Bintan ini, anda wajib naik speedboat untuk menyusuri hutan mangrove. Waktu yang dihabiskan berdurasi kurang lebih satu jam menggunakan speedboat, dan anda akan sampai ke tempat surganya dunia ala Mangrove Bintan. Separuh perjalanan di Mangrove Bintan, guide perjalanan menghentikan speedboat di tempat beradanya dapur arang. Tempat ini biasa digunakan untuk menghasilkan arang dengan bahan dasar kayu mangrove. Namun, akhirnya kegiatan ini terpaksa dihentikan karena dianggap merusak ekosistem yang ada di hutan Mangrove Bintan.

Dapur Arang Mangrove Bintan

Penampakan dari Dapur Arang kurang lebih seperti bangunan igloo, ada sisa bakaran kayu disekeliling bangunan itu. Dan kita para wisatawan tidak diperkenankan untuk masuk ke rumah tersebut, hanya dapat melihat dari speedboat, berfoto-foto dan mendengarkan sedikit arahan dari abang guide/pemandu.

 

Flora Fauna Mangrove Bintan

 

Lagoi Bay Bintan - Wisata Mewah Daerah Elit Pulau Bintan

Yang menantang adrenaline adalah, anda bisa melihat beberapa penghuni mangrove seperti biawak, buaya, ular sanca, dan ular anaconda. Namun jangan khawatir, keamanan tentunya terjaga. Dan di tempat ini juga para pengunjung bisa melihat dan mempelajari beberapa keanekaragaman flora maupun fauna yang masih terjaga di sekitar mangrove Bintan.

 

Gurun Pasir Bintan

Gurun Pasir Bintan

Di hari yang sama, tour berlanjut ke sebuah tempat wisata yang tengah hits dan populer di media sosial, tempat itu adalah Gurun Pasir Bintan. Lokasi ini selalu mengundang penasaran para wisatawan yang ingin datang ke sini. Tentunya wisatawan akan dimanjakan oleh gurun pasir yang sangat eksotis. Selain itu para wisatawan juga akan disajikan keindahan dan pemandangan berupa hamparan gurun pasir yang sangat memesona.

Sebuah fenomena gurun yang unik seperti di Negara Timur Tengah, itulah yang saya rasakan sesampainya di lokasi Gurun Pasir Bintan ini. Menikmati keindahan pemandangan berupa gurun-gurun yang seolah tercipta secara alami, lalu menaiki gurun-gurun tersebut serta merasakan sensasi yang luar biasa di tengah padang pasir sambil foto-foto narsis.

Tempat wisata yang satu ini memang lagi populer di kalangan para remaja. Biasanya para remaja yang datang ke tempat ini bersantai-santai di atas bukit sambil menikmati keindahan yang terpancar di gurun pasir. Di sini anda bisa melihat pemandangan alam yang ada di sekitar gurun yang dikelilingi oleh pepohonan hijau dan semak belukar. Maka tidak heran jika tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat refreshing ataupun tempat berkumpul.

Dulunya tempat ini merupakan salah satu tempat penambangan pasir yang cukup produktif. Bahkan, pasir hasil tambang ini juga diekspor sampai ke mancanegara. Dan beberapa tahun belakangan ini, tempat ini telah dihentikan untuk kegiatan penambangan pasir. Berselang beberapa waktu kemudian, terciptalah gurun atau gundukan pasir yang menjadi fenomena tersendiri bagi kita yang melihatnya. Lokasinya yang berada di sebelah kiri jalan Tanjung Pinang-Bintan dan berada di tempat terbuka. Menjadikan tempat ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Tempat ini memang belum diresmikan sebagai tempat wisata Pulau Bintan, sehingga fasilitas di tempat ini pun sangatlah minim dan apa adanya. Jadi di tempat ini pun masih belum bisa ditemukan beberapa fasilitas seperti toilet umum, dan namun ada beberapa warung sebelum masuk ke lokasi. Jika ingin berkunjung ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi, anda tidak perlu khawatir lagi. Di tempat ini menyediakan tempat parkir yang luas di sekitar gurun, bahkan tempat parkirnya pun juga sangat aman. Selain itu jika anda ingin bersembahyang atau sholat, di sekitar gurun pasir ini juga ada masjid. Tepatnya berada di dekat Tebing Kawah Putih.

Adapun lokasi dari Gurun Pasir Bintan berada di Desa Busung, tepatnya di jalan Raya Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Riau. Untuk akses menuju tempat ini sangatlah mudah, karena lokasinya berada di pinggir jalan. Jika anda mengambil arah kota Tanjungpinang memerlukan waktu sekitar 40-60 menit atau sekitar 47km. Dan jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Karena di sini belum ada yang namanya kendaraan umum atau angkutan umum.

 

Treasure Bay Bintan – Kolam Renang Terbesar di Asia Tenggara

 

Treasure Bay adalah salah satu kolam renang yang berada di kawasan pantai Lagoi, Bintan. Kolam renang ini juga digadang-gadang sebagai salah satu kolam renang terbesar di Asia Tenggara. Keren kan? Semoga belum bosan ya baca tulisan ini. Yuk simak ulasan Treasure Bay di bawah ini sampai habis.

 

Treasure Bay

Treasure Bay

Kolam renang Treasure Bay ini mempunyai panjang sekitar 800 meter dengan konsep mirip pantai. Bagian tepi dari Treasure Bay sendiri didesain landai, miring ke bawah sampai ke tengah sebagaimana pantai pada umumnya.

Bedanya Treasure Bay dengan pantai adalah terletak pada pasirnya. Pasir yang terdapat pada Treasure Bay sendiri tidak menggunakan pasir asli, melainkan berbahan fiber dengan warna putih. Sekilas fiber yang berwarna putih yang terdapat pada Treasure Bay tersebut terlihat seperti pasir pantai. walaupun begitu, pasir pantai yang asli juga tetap ada. Hanya saja pasir yang asli ditempatkan di bagian tepi dari luar kolam yang tidak terkena air.

 

Kolam Renang Terbesar Di Dunia Ke Dua

Treasure Bay sendiri disinyalir sebagai wahana air termegah di Asia Tenggara. Bagian pinggir sekeliling kolam renang Treasure Bay  dibuat taman yang sangat cantik. Selain itu, di sekeliling kolam juga disediakan jalur yang bisa dilalui pejalan kaki maupun dengan kendaraan dari wahana tempat ini. Tentu saja kendaraan dari wahana tempat ini ramah lingkungan, karena menggunakan tenaga listrik dan tanpa menimbulkan suara. Ada beberapa kendaraan yang ada di wahana ini, misalnya skuter, segway dan mobil ford.

Treasure Bay ini sebenarnya merupakan nama dari kawasan resort dengan luas tanah sekitar 338 hektar. Sedangkan kolam renang dari Treasure Bay sendiri bernama crystallagoon. Akan tetapi banyak orang yang sering menganggap dan menyebut Treasure Bay ini sebagai salah satu kolam air asin.

Treasure Bay sendiri sangat strategis karena berdekatan dengan Singapura dan Malaysia. Maka tidak heran jika lokasi ini sangat diminati oleh banyak investor, salah satunya adalah Landmarks Berhad asal Malaysia. Melalui bendera dari PT Pelangi Bintan Indah, Landmarks Berhard kemudian membangun kawasan Treasure Bay di atas lahan seluas 338 hektar. Saat membangun Treasure Bay sendiri memerlukan biaya atau dengan investasi mencapai US$ 3,5 miliar.

Sedangkan luas dari crystallagoon sendiri sekitar 6. 3 hektar dengan air sebanyak 115,060 m3 atau setara dengan 115.060.000 liter. Air tersebut itulah biasanya mengisi kolam laguna yang merupakan salah satu laguna terbesar di Asia Tenggara. Treasure Bay ini merupakan salah satu proyek yang dibangun oleh presiden ke 5 Indonesia yaitu Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian Treasure Bay tersebut diresmikan pada tahun 2011.

Harga tiket masuk di Treasure Bay kolam renang terbesar di Asia Tenggara adalah Rp 100.000 deposit per orang. Deposit tersebut akan dimasukkan ke dalam salah satu gelang elektronik. Selain itu juga terdapat uang jaminan sebesar Rp 40.000 dari pihak Treasure Bay. Uang jaminan ini akan dikembalikan oleh pihak Treasure Bay nantinya, setelah selesai berkunjung dan mengembalikan gelang.

 

Lokasi Treasure Bay

 

Lokasi Treasure Bay

Lokasi dari Treasure Bay ini berada di kawasan pantai Lagoi, Kabupaten Bintan. Treasure Bay sendiri merupakan satu kawasan dengan luas sekitar 338 hektar. Di tempat ini juga terdapat berbagai macam sarana penunjang wisata seperti resort, hotel, arena permainan, dan lain-lain.

Semoga dengan bertambahnya tulisan tentang wisata di blog saya ini, bisa membuat semangat saya untuk menjadi seorang travel blogger Indonesia, Aamiin!

Kalau tulisan ini dirasa bermanfaat dan tidak membosankan, boleh bantu tekan tombol icon sosmed share ya di bawah ini. Dan, kasih komentar yang mantab juga pada kolom di bawah. Keep writing yes!

31 thoughts on “Wisata Mewah Daerah Elit Pulau Bintan, Gratis!

  1. Halo bang Wahyu,
    Duh ini yah buat kepengen sekali main air disitu.
    Aku belum pernah nih kesana.
    Itu pasirnya empuk untuk selonjoran ya bang?
    Heheheh
    Next,melalak cantik nyiapin trip kesana deh.

  2. wuiiiihh…, Bintan! ok punya nih dijadikan bucket list liburan. ini wahana bikin ngiler deh…, apalagi kolam renang besar itu…ciaaamik!

    makasih ya udah berbagi inspirasi…

    keep up the good work!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *